Selasa, 14 Februari 2012

CASIS DAN PEMINDAH TENAGA SISTEM KEMUDI



 

Pembongkaran Dan Pemasangan Roda Gigi Kemudi Jenis Sirkuit Peluru

TUJUAN  :
Peserta diklat dapat  :
·                Membongkar unit roda gigi kemudi jenis sirkuit peluru
·                Memeriksa bagian-bagian roda gigi kemudi
·                Memasang bagian-bagian roda gigi kemudi jenis sirkuit peluru
·                Menyetel unit roda gigi kemudi

ALAT  :
§    Set kotak alat
§    Dial indikator
§    Alat khusus kemudi
§    Fuler
§    Mikrometer dalam
§    Mikrometer luar
§    Kunci momen
§    Set kunci sok
§    Set kunci “L”
BAHAN  :
§  Unit roda gigi kemudi
§  Vet
§  Kain lap
WAKTU  :
§  Instruksi  : 1 jam
§  Latihan    : 1 jam









KESELAMATAN KERJA  :
·                Hati – hati rumah roda gigi kemudi jangan sampai jatuh, sewaktu memasang di ragum
·                Hindarkan tumpahan oli pelumas di lantai


Bagian – Bagian Jenis Sirkuit Peluru

1.            Sambungan Fleksibel batang kemudi
2.            Bantalan peluru
3.            Mur peluru kemudi
4.            Baut kemudi
5.            Lengan pitman
6.          Sil
7.          Rumah roda gigi kemudi
8.          Bantalan jarum
9.          Roda gigi poros sektor
10.       Tutup dan paking
LANGKAH KERJA  :
Pembongkaran 
·                Lepas klem sambungan kemudi, beri tanda pada klem dengan rumah kemudi
·                Lepas mur pengikat lengan pitman, perhatikan tandanya bila tidak ada beri tanda
·                Keluarkan oli pelumas roda gigi kemudi
·                Lepas mur pengunci penyetel poros sektor
·                Lepas tutup poros sektor, putar baut penyetel sektor searah jarum jam, perhatikan paking jangan sampai jatuh
·                Keluarkan baut penyetel poros sektor
·                Posisikan roda gigi sektor ditengah roda gigi mur kemudi, keluarkan poros sektor
·                Kendorkan mur pengunci baut penyetel tegangan bantalan batang kemudi
·                Buka baut penyetel tegangan bantalan batang kemudi, perhatikan posisi bantalan peluru bagian depan
·                Keluarkan unit baut kemudi, perhatikan posisi bantalan peluru belakang
·                Bersihkan semua bagian – bagian yang dibongkar



 
 








Jangan mengeluarkan mur peluru dari baut kemudi

Pemeriksaan
1.    Unit baut kemudi
·         Periksa meluncurnyamur pada baut kemudi, mur harus dapat meluncur secara lembut
·         Bila meluncurnya tidak beraturan, bantalan peluru cacat atau permukaan konis yang berbentuk spiral rusak
·         Bila bantalan peluru dan konis rusak, unit baut kemudi diganti seluruhnya


 
 






Jangan membiarkan mur bergerak cepat dan keras ke arah konis bentuk spiral

·         Kondisi gigi mur kemudi, rusak atau aus
·         Periksa alur gigi sambungan batang kemudi, aus, retak dan cacat
2.    Poros sektor
·        Kondisi permukaan atau alur roda gigi sektor, retak atau aus
·        Kekocakan atau keausan poros sektor bagian atas roda gigi sektor dan tutup sektor. « Ukurlah  !  (Celah  0,05  -  0,1mm)
·        Kondisi alur gigi sektor yang berhubungan dengan lengan pitman, aus atau rusak
·       
 
Periksa celah baut penyetel sektor dengan poros sektor, celah maksimum         0,05 mm





3.    Bantalan Peluru dan Jarum
·         Periksa kondisi bantalan peluru dan jarum, macet atau cacat
·         Kondisi permukaan konis

4.    Lengan pitman
·         Periksa alur gigilengan pitman, aus atau rusak

5.    Sambungan batang kemudi
·         Periksa alur gigi sambungan batang kemudi, aus atau rusak

6.    Periksa sil pelumas, bila bibir sil rusak atau cacat, ganti !





Petunjuk pemasangan
Langkah pemasangan adalah kebalikan langkah pembongkaran, adapun hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut  :

1.    Beri vet sedikit pada bagian – bagian ini
·         Permukaan konis baut spiral
·         Poros sektor yang berhubungan dengan bantalan jarum
·         Bantalan peluru
·         Permukaan kontak gigi mur dan roda gigi sektor
2.    Posisikan mur peluru di tengah – tengah baut kemudi bentuk spiral
3.    Pasang roda gigi sektor tepat di tengah roda gigi mur peluru


1.    Roda gigi sektor
2.    Baut bentuk spiral
3.    Mur kemudi
4.    Bantalan peluru

4.    Kembalikan tanda-tanda pembongkaran seperti semula



 
 

1.    Rumah kemudi
2.    Sambungan batang kemudi
3.    Tanda

5.    Moment pengencangan mur pengikat lengan dengan poros sektor 70 – 110 Nm
6.    Oli pelumas roda SAE 90

Penyetelan
Ketegangan bantalan ( Pre – load )
·         Stel ketegangan atau kebebasan awal batang kemudi, atur mur penyetel sampai diperoleh ketegangan 0,2 – 0,5 Nm


 
 

1.    Kunci momen
2.    Unit roda gigi kemudi
3.    Ragum

·         Jangan lupa memasang mur pengunci
·         Stel gerak bebas roda gigi mur peluru dengan roda gigi sektor, atur baut penyetel pada tutup sektor
·         Gerak bebas 0,1 mm


 
 

1.    Dial indikator
2.    Lengan pitman
3.    Unit roda gigi kemudi
4.    Ragum

·      Jangan lupa memasang mur pengunci



Tidak ada komentar:

Posting Komentar