Senin, 20 Februari 2012

Komponen - komponen sistem pelumasan jenis tekanan


Sekarang saya akan menjelaskan komponen - komponen yang digunakan dalam sistem pelumasan jenis tekanan , Komponen - komponennya adalah :
1.      OIL SCREEN adalah saringan oli yang dipasangkan pada saluran masuk pompa , berfungsi untuk menyaring benda - benda kasar agar pompa tidak rusak.
2.    OIL PAN adalah tempat penampung minyak pelumas yang akan disirkulasikan oleh pompa oli.
3.    OIL PUMP adalah berfungsi untuk menghisap dan menekan minyak pelumas ke bagian - bagian mesin yang memerlukan pelumasan. Minyak pelumas yang dihisap terlebih dahulu disaring oleh oil screen.
4.    OIL FILTER adalah komponen sitem pelumas yang berfungsi untuk menyaring kotoran - kotoran halus dalam oli agar tidak merusak bearing dan bagian - bagian mesin yang presisi. Oil filter ini juga dilengkapi dengan katup pengaman ( by pass valve ) yang berguna untuk menyalurkan langsung minyak pelumas ke bagian - bagian mesin jika saringan tersumbat.
5.     OIL PRESSURE SWITCH  adalah bagian sistem pelumasan yang berguna untuk mensensor tekanan minyak pelumasan. Alat ini dipasangkan pada saluran utama dan juga dihubungkan dengan lampu dial indicator. Sehingga jika lampu menyala , pengemudi akan tau bahwa tekanan minyak pelumas rendah. Sedangkan jika lampu mati maka tekanan minyak pelumasan adalah normal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar