Jumat, 17 Februari 2012

CASIS GEOMETRI RODA



 

Bodi Integral
 Pada bodi integral, semua bagian karoseri seperti pintu, atap, fender dan lantai berfungsi sebagai rangka

·         Konstruksi bodi integral menyerupai konstruksi jembatan
·         Titik tumpu konstruksi terletak pada roda belakang dan depan


Tanda garis tebal adalah bagian pokok konstruksi rangka

Bahan :
Kebanyakan besi plat putih

Sifat – sifat secara umum :
·         Konstruksi rumit
·         Tidak dapat dimodifikasikan ( diubah jadi bak penumpang )
·         Dapat menerima beban lengkung dan puntir
·         Ringan
·         Reparasi sulit jika terjadi kecelakaan
·         Lebih aman bagi penumpang jika terjadi tabrakan

Penggunaan :
Mobil penumpang ( sedan ) umumnya bus


1.    Bodi Integral Tanpa Rangka
Semua bagian bodi atau karoseri ( seperti gambar ) merupakan rangka

2.    Bodi Integral Dengan Rangka

Pemasangan rangka memperkuat konstruksi body antara body dan rangka dipasang karet – karet untuk meredam getaran karoseri yang ditimbulkan suspensi


3.    Karoseri Pengaman


Bagian deformasi
Merubah energi gerak menjadi energi panas
 
Bagian ruang penumpang
·         Dikonstruksi sekuat mungkin, sehingga tidak mudah remuk
·         Bagian dalam tidak boleh terdapat bagian yang tajam dan keras
 



Pengujian ( standar    industri )

Setelah mobil dengan kecepatan 50 km/jam ditabrakkan tembok, maka :
·         Penumpang yang memakai sabuk pengaman tidak boleh terluka
·         Pintu – pintu mobil harus masih bisa dibuka


4.    Bentuk Profil Bodi Integral




5.    Pengukuran Bodi




Pengukuran bodi dilaksanakan jika :
·         Kendaraan telah mengalami kecelakaan / tabrakan
·         Ada kesalahan ukuran bodi yang diketahui dari sifat jalan kendaraan yang tidak baik, meskipun geometri roda (  wheel aligment ) telah disetel dengan baik






Tidak ada komentar:

Posting Komentar